Berani Mengambil Resiko untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Kata orang yang ahli, mengambil resiko itu sukar didefinisikan dan baru bisa dimengerti atau dirasakan ketika kita mengalaminya.

Benar juga, ya. Risiko ada di mana-mana, di setiap jalan yang akan kita pilih.

Mau pilih jalan mana pun, kamu akan melihat ada risiko. nah, kamu tinggal memikirkan, mau pilih risiko yang mana? Yang besar, sedang, atau kecil? Biasanya, semakin tinggi hasilnya, risikonya juga semakin besar.

Atau, kamu pilih jalan yang tanpa risiko? Nggak sepenuhnya salah, sih. Tapi juga nggak sepenuhnya benar.

Segala sesuatu itu butuh waktu dan proses yang panjang. Berani mengambil risiko, berarti sudah memulai awal proses tersebut. Kamu yang berani mengambil risiko sudah membuktikan bahwa kamu yakin dengan kemampuan.

Ternyata, banyak orang sukses yang rahasia kesuksesannya ada pada keberaniannya dalam mengambil risiko. Keberanian ini bukan berarti tanpa perhitungan. Mereka pasti sudah memperhitungkan matang-matang segala sesuatunya.

Nah, perhitungan matang ini juga menjadi poin tambahan. Kamu bisa sukses seperti mereka, asalkan berani mengambil risiko dan sudah memikirkannya matang-matang.

Sebagai contoh yang paling mudah, begini. Kamu ingin berangkat dari Jakarta menuju Surabaya. Ada dua jalan, yaitu melalui jalan darat dengan naik kereta, atau melalui udara dengan naik pesawat.

Kedua cara itu sama-sama memiliki risiko. Naik kereta, dalam segi keselamatan, dianggap lebih aman. Tapi, kamu perlu waktu lama untuk sampai di tujuan.

Semakin tinggi risiko yang kamu ambil, semakin banyak punya keuntungan yang kamu dapatkan. Lihat saja keuntungan naik pesawat. Meskipun risikonya lebih tinggi, kamu dapat lebih cepat sampai tujuan, tidak lelah dalam perjalanan panjang, dan dapat melewati perjalanan dengan nyaman.

Lagipula, risiko itu belum tentu benar-benar terjadi, lho. Kamu hanya perlu mengantisipasi jika bisnismu benar-benar terkena dampak risiko, dan menentukan langkah jika risiko itu benar-benar harus dihadapi.

So, jangan takut untuk mengambil risiko.

 

 

This entry was posted in Inspirasi, News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *