Berusaha Sekuat Tenaga untuk Menjadi yang Kamu Inginkan

Bagaimana caranya berusaha sekuat tenaga untuk menjadi yang kamu inginkan? Simak cerita ini…

Saya sedang berjalan-jalan di sebuah mall bersama seorang teman. Kami berada di bagian barang pecah belah. Kanan dan kiri saya penuh dengan keramik-keramik indah, guci-guci cantik, dan peralatan makan serbamodern dan lux.

Mata saya berbinar-binar melihatnya. Saking indahnya, saya ingin melihat benda-benda itu satu per satu.

Tiba-tiba, si teman memegang lengan saya dan meminta saya menjauh dari tempat itu. Alasannya, takut saya tak sengaja menyenggol benda-benda itu dan membuatnya jatuh berantakan.

Kali itu, saya menuruti sarannya.

Di lain waktu, kami kembali berada di area pecah belah, di mall yang lain. Lagi-lagi si teman mengingatkan bahwa saya bisa saja memecahkan barang-barang cantik itu. Kali ini dia tidak menyarankan saya menjauh dari situ melainkan mengharuskan saya pergi. Menurutnya, saya tipe orang yang tidak bisa menjaga diri sehingga tidak akan bisa mencegah terjadinya “kecelakaan kecil” di tempat itu.

Saya terperangah atas ketidakpercayaannya pada saya. Tapi, kali itu saya mengikuti sarannya lagi. Dalam hati, saya berpikir, mengapa saya harus menjadi “pesakitan”?

Mengapa saya harus “dituduh” tidak bisa menjaga diri? Kalau memang iya, mengapa saya tidak diberi kesempatan untuk memperbaikinya dengan tetap berada di tempat itu dan membuktikan bahwa saya mampu menjaga keadaan tetap aman?

Semenjak itu, saya berpikir, seringkali kita terpengaruh oleh kata-kata orang lain. Saya jadi tidak punya kesempatan untuk menjadi yang saya inginkan.

Keinginan saya sederhana saja, kok. Yaitu, memastikan pada diri sendiri bahwa saya bisa lebih berhati-hati di tempat yang mungkin “berbahaya”.

Ah, saya terlalu mendengarkan kata-kata orang lain yang bukannya memotivasi malah “menjatuhkan”. Saya harus lebih percaya pada diri sendiri bahwa saya mampu dan akan berusaha sekuat tenaga.

Saya ingin menjadi lebih baik tanpa, terpengaruh oleh siapa pun.

This entry was posted in Inspirasi, News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *