5 Keunikan Kota Bogor

Bogor termasuk salah satu kota tujuan wisata bagi masyarakat Jakarta. Maklum saja, karena jaraknya dekat dari Jakarta, yaitu sekitar 30 km. Bogor yang teduh dan nyaman, memiliki banyak hal menarik.

Inilah 5 di antaranya.

1. Kota Hujan

Tingkat curah hujan yang sangat tinggi di Kota Bogor membuat wilayah ini mendapat julukan Kota Hujan. Jika kamu sedang bertandang ke Bogor, kamu nggak dibilang lebay/berlebihan, kalo membawa peralatan yang lengkap, seperti payung, jas hujan, dan jaket. Jadi, kamu tidak kehujanan atau kedinginan.

Kalau ingin berkeliling Kota Bogor, sebaiknya bersiap-siap mensiasati, agar acara jalan-jalanmu tetap menyenangkan tanpa terganggu curah hujan.

2. Kota Tanpa Kecemasan

Pada masa penjajahan Belanda, Kota Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg. Artinya kota tanpa kecemasan atau kota yang aman dan tenteram.

Hal ini dikarenakan wilayah ini sangat indah, teduh karena penuh pepohonan, banyak taman, dan cuacanya sejuk.

Orang-orang Belanda merasa nyaman tinggal di Bogor. Kota ini pun dijadikan tempat berlibur bagi mereka, pada masa itu.

3. Kota Angkot

Cobalah amati jalan-jalan di seluruh Kota Bogor. Sejauh mana memandang, yang tampak adalah barisan angkot yang siap mengantar siapa saja ke tempat tujuan. Banyaknya angkot ini membuat Bogor mendapat julukan Kota Angkot. Hampir semua warna diaplikasikan pada angkot.

Sisi baiknya, jika kita ingin berkeliling Bogor, tidak perlu khawatir soal transportasi. Sebaliknya, kita harus hati-hati dalam memilih angkot, terutama jika belum tahu angkot yang searah dengan tujuan. Kuncinya jangan ragu untuk bertanya, bila tidak ingin tersasar.

4. Pusat Pendidikan

Bogor adalah salah satu pusat pendidikan di Indonesia. Juga, pusat penelitian pertanian nasional. Kota ini memiliki berbagai lembaga penelitian dan biologi, yang sudah berdiri sejak abad ke-19.

Bahkan, ada lembaga pendidikan terkenal yang sudah ada sejak abad ke-20, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB).

5. Memiliki Kebun Raya yang Luas

Salah satu hal menarik dari Kota Bogor adalah memiliki kebun raya yang asyik untuk dikunjungi. Tempat ini membuat Kota Bogor semakin memiliki daya tarik tersendiri.

Masyarakat Jakarta yang ingin bersantai sejenak pun dapat memilih Kebun Raya Bogor sebagai alternatif tempat berlibur yang murah meriah. Kita pun bisa menikmati taman ini, seperti orang-orang Belanda menikmatinya, dahulu kala.

Bagaimana? Tertarik untuk berkeliling Bogor?