Kalahkah Rasa Takut di Dalam Diri Sendiri

Sebenarnya, musuh paling besar adalah rasa takut yang ada di dalam diri sendiri. Ketika kamu akan melangkah, begitu banyak rasa takut, yang muncul untuk menjegal langkah.

Takut gagal. Takut modal tidak cukup. Takut memulai.

Takut pada pesaing. Takut dosen menolak usulan judul skripsi. Takut dia menolak cintamu. Dan masih banyak lagi ketakutan-ketakutan yang muncul.

Sadar nggak sih, penyebab itu terjadi karena kamu sendiri. Rasa itu kamu ciptakan sendiri untuk menghalangi semua strategi yang sudah kamu susun. Gimana kamu mau maju kalau baru akan mengambil langkah awal saja sudah dipenuhi pikiran yang menghalangi?

Rasa takut itu ada agar kamu waspada dengan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi. Kalau punya rasa takut, kamu akan berusaha mencari jalan keluar jika kemungkin buruk benar-benar terjadi. Tapi, rasa takut yang biasanya kamu alami ini berlebihan. Sesuatu yang tidak perlu ada.

Mungkin kamu sudah membayangkan hal yang tidak enak duluan, sehingga ketakutan begitu dominan. Takut gagal, karena kalau gagal, orang-orang di sekitarmu akan mencemooh.

Ketakutan memulai bisnis, karena kalau tidak berhasil, pesaingmu akan bersorak gembira. Takut ditolak cintanya, karena kalau ditolak, kamu telanjur malu pada cewek itu. Ketakutan ditolak usulan judul skripsinya, karena kalau ditolak, kamu beranggapan mungkin akan dicap bodoh oleh dosenmu.

Padahal, semua yang kamu takutkan belum tentu terjadi. Lagipula, bagaimana kamu akan tahu hasilnya kalau terus menerus merasa terlalu takut untuk mencoba? Ketakutan itu muncul mendahului logika. Ketakutan yang berlebihan itu hadir menjegal langkah. Alangkah ruginya kalau kamu membiarkan adanya sesuatu yang menghalangi, sebelum kamu benar-beanr memulai.

Buang perasaan yang berlebihan. Mulailai mencoba. Jangan biarkan rasa takut menguasai dirimu begitu kuat.

This entry was posted in Inspirasi, News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *