10 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bagi orang awam, bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit untuk dipelajari, selain harus menghafalkan kosakata, dialek yang di gunakan pun harus pas, supaya tidak mengubah arti dari kata-kata tersebut.

Belum lagi grammar yang harus dipelajari, agar tidak salah dalam penempatan kata agar menjadi sebuah kalimat yang baik dan memiliki arti. Begitu pula bagi para siswa di lembaga pendidikan, selain matematika, pelajaran bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang sangat sulit untuk diikuti.

Bahasa Inggris memang bukan bahasa utama yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari, bahasa Inggris hanya digunakan di tempat kerja, lembaga pendidikan atau di komunitas tertentu yang memang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari – hari. Maka bagi orang yang jarang menggunakannya akan menemui kesulitan, sehingga menyebabkan mereka sering gagal dalam mempelajarinya.

Bahasa Inggris memang sangat berbeda dengan ilmu pasti, biologi, geografi atau ekonomi. Jika ilmu – ilmu tersebut harus memakai nalar, bahasa Inggris lebih cenderung bersifat ketrampilan dan seni.

Bahasa Inggris akan lebih mudah di pelajari dengan suasana yang rileks dan tenang, tanpa tekanan. Itulah mengapa bahasa Inggris lebih cepat di serap oleh anak usia dini, karena di ajarkan melalui alat pendukung, seperti gambar, warna dan lagu. Namun bagi orang dewasa pun bisa di ajarkan dengan cara yang sama, walaupun dengan tingakatan yang berbeda.

Kenapa Sering Terjadi Kegagalan ?

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa bahasa Inggris adalah ketrampilan, mengapa disebut ketrampilan ? karena bahasa Inggris adalah alat untuk berkomunikasi.

Untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi maka kita harus terampil dalam menggunakannya. Dan dibutuhkan pendidikan khusus agar kita bisa terampil menggunakannya.

Jangan memperlakukan bahasa Inggris seperti Ilmu yang lain, kita harus sering menggunakan bahasa Inggris sampai kita mahir dan terbiasa menggunakannya. Alasan kegagalan kedua yaitu, kita mengira untuk mahir bahasa Inggris ada trik dan rahasia khusus, padahal tidak ada trik khusus untuk itu.

Yang diperlukan hanyalah kita harus rajin dan tekun dan berani mencoba. Dan membutuhkan kesabaran pastinya, tidak mungkin kita belajar bahasa Inggris hanya dalam waktu satu atau dua minggu saja, semua pasti membutuhkan proses.

Alasan ketiga adalah Anda takut salah, tidak seharusnya Anda merasa seperti itu, karena jika Anda terus merasa takut dan grogi, Anda akan terus merasa seperti itu. Dan tidak akan ada perubahan dalam proses belajar Anda.

Saat Anda telah mengerti alasan mengapa Anda selalu gagal untuk belajar bahasa Inggris, maka Anda akan menemukan cara yang lebih mudah belajar bahasa Inggris.

Bagaimana Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris ?

Cara yang paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan praktek yang terus menerus, jika Anda rajin melakukannya, maka Anda akan dengan cepat menguasainya.
Di Indonesia, bahasa Inggris bukanlah bahasa utama yang biasa digunakan, namun bahasa inggris wajib untuk dipelajari.

Karena kita sering berhubungan dengan orang asing yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, baik itu bisnis, maupun di bidang pariwisata.

Ada juga yang berniat belajar bahasa Inggris karena suatu saat mereka akan pergi mengunjungi atau bahkan tinggal di sebuah Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Memang tidak mudah untuk belajar bahasa Inggris di Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, tetapi akan ada banyak fasilitas pendukung yang bisa di pergunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan baik, misalnya televisi, radio, ataupun perpusatakaan yang memang dilengkapi dengan buku – buku yang sangat mendukung proses belajar.

Berikut 10 cara mudah belajar bahasa Inggris bagi Anda :

Melalui Internet.

Internet adalah salah satu jendela kita untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Ada banyak blog yang memberikan panduan yang bervariasi dan menarik, sehingga bagi orang – orang yang ingin belajar tidak menemui kesulitan atau bahkan bosan dengan materi – materinya. Atau sering disebut dengan kursus online, pertama – tama tentukan dulu

Apa yang hendak ada pelajari, kemudian Anda bisa mendownload rekaman suara dan tutorial – tutorial dalam mempelajari bahasa Inggris.

Perpustakaan.

Lewat perpusatakaan ada banyak buku – buku panduan yang bisa kita baca dan pelajari, kita bisa memilih tahapan – tahapan pembelajaran dari pemula sampai mahir. Di perpustakaan luar negeri disediakan kaset ataupun video yang bisa kita sewa, agar mempermudah cara belajar Anda. Carilah buku dengan bahasa Inggris, apabila tidak mengerti artinya, rajin – rajinlah membuka kamus untuk mencari arti katanya, namun yang terpenting adalah kita harus rajin dan tekun.

Diary

Anda mungkin memiliki catatan pribadi yang Anda tulis setiap harinya bukan ? jika biasanya Anda menggunakan bahasa Indonesia, kali ini tulislah dengan bahasa Inggris, meskipun grammarnya belum tentu benar, tidak ada salahnya kan mencoba.

Cara ini terbilang sangat efektif, selain menjadi sarana curahan hati, bisa juga digunakan untuk melatih kemampuan Anda menulis bahasa Inggris.

Carilah teman chatting dari manca Negara.

Anda bisa memulainya lewat facebook atau twiter, usahakan Anda mencari teman yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga Anda bisa melatih dan menilai kemahiran Anda. Buakankah sangat menyenangkan memiliki teman dari luar negeri sekaligus menambah kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris.

Rekaman.

Melalui perbincangan orang lain atau perbincangan Anda dengan teman, dapat menambah kemahiran Anda dalam berbahasa Inggris. Melalui rekamamn itu, Anda bisa menilai dan mengkoreksi kesalahan dan kekurangan Anda.

Atau bahkan dapat menambah kosakata Anda melalui percakapan dengan orang lain. Anda juga bisa menunjukkan rekaman Anda kepada orang yang lebih ahli dalam bahasa Inggris agar mereka dapat membantu Anda

Membaca tulisan singkat di produk

Anda juga harus rajin membaca pesan – pesan yang ada di produk makanan atau minuman yang menggunakan bahasa Inggris, atau di botolsampo dan sabun. Dengan cara sederhana ini, secara tidak langsung akan membantu Anda kosakata dan cara baca yang baik dan benar.

Memperbanyak kosakata.

Saat Anda mendengar atau melihat kata – kata yang Anda tidak mengerti, segeralah menulisnya, kemudian carilah artinya di kamus. Dalam pencarian kata, memang satu kata memiliki banyak arti, maka Anda harus mampu mengerti penempatan kata apa yang cocok di dalam suatu kalimat.

Film Bahasa Inggris.

Cara ini adalah cara yang paling menyenangkan, karena sambil menonton film sekaligus belajar bahasa Inggris. Ganti teks nya dengan bahasa Inggris, latihlah telinga dan mata Anda untuk mendengar percakapan dan mata Anda untuk membaca teks bahas Inggris. Cara ini pasti lebih efektif dibanding cara yang lain.

Lagu Bahasa Inggris.

Lagu adalah cara efektif kedua setelah film bahasa Inggris, Anda bisa memilih lagu apa yang Anda sukai dan bisa mendengarkannya kapan saja Anda mau.

Ambillah secarik kertas, sembari mendengarkan lagu, mulailah menulis liriknya, meskipun tidak lengkap bahkan terlewatkan namun setiap hari Anda akan menambah kosakata. Dan kemudian cocokkan dengan lirik aslinya.

Berlatih dengan teman.

Carilah teman yang memiliki niat yang sama dengan Anda,dan ajaklah teman Anda melakukan conversation.

Tidak perlu malu ataupun takut salah, cobalah dengan percakapan yang sederhana, dengan 2 atau 3 kata. Anda dan teman Anda akan saling koreksi jika ada kesalahan dalam pengucapan.

Tidak sulit bukan belajar bahasa Inggris, asalkan dilakukan dengan rutin, rajin dan tekad bulat, hanya dalam waktu yang tidak lama Anda akan mahir berbahasa Inggris.

Setelah anda mencoba cara sederhana di atas, mulailah belajar grammar, agar Anda mampu menempatkan kata dengan tepat sesuai dengan grammar. Karena bahasa Inggris bukan bahasa sehari – hari, agar Anda tidak mudah lupa, coba jmenggunakannya di dalam rumah Anda, dengan saudara, suami, istri atau anak Anda, meskipun hanya berbentuk kalimat pendek.

Semoga berhasil.