5 Info Yang Perlu Diketahui tentang Beasiswa Djarum

Djarum Beasiswa Plus merupakan program yang didedikasikan oleh Djarum Foundation bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Program beasiswa ini telah diselenggarakan sejak tahun 1984.

Setelah melalui 3 dasawarsa, program ini telah mengakomodir 8.000 mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi tersebar di 34 provinsi Indonesia. Program beasiswa ini tepat untuk kawula muda Indonesia yang berminat meningkatkan kapasitas diri.

Penerima Beasiswa

Djarum Beasiswa Plus diberikan bagi mahasiswa-mahasiswi yang duduk di Perguruan Tinggi jenjang Strata 1 (S1) ataupun Diploma 4 (D4). Djarum Foundation bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Daftar Perguruan Tinggi untuk periode pemberian beasiswa dicantumkan pada website resminya.

Program Pembelajaran Plus

Mengapa disebut plus? Program ini, selain memfasilitasi penerima beasiswa dengan dana sebesar Rp. 750.000,- per bulan selama satu tahun, juga memberi pembekalan soft skills, antara lain: Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, Community Empowerment, International Exposure.

Pembekalan plus ini dalam rangka menguatkan kapasitas pribadi secara komprehensif, sehingga pemuda-pemudi generasi masa depan Indonesia tak hanya unggul pada aspek akademis saja. Namun, juga pribadi berbudi luhur, berperikemanusiaan dan tangguh hadapi tantangan.

Apa saja muatan di masing-masing pembelajaran?

Pada Nation Building, maksudnya adalah penguatan makna kebangsaan, direalisasikan dalam pelbagai kegiatan seperti cultural visit, pagelaranseni budaya, diskusi & talk show tentang kebangsaan. Harapannya, penerima beasiswa kian bangga sebagai putra-putri Indonesia.

Pada Character Building, dimaksudkan untuk pembentukan pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab. Ada 6 karakter penting yang ditanamkan dalam proses pembelajaran ini, yaitu: keterpercayaan, tanggung jawab, hormat, kesetaraan, kepedulian dan kewargaan. Pembelajaran ini pun ditempuh melalui latihan-latihan fisik yang melibatkan tim.

Pada Leadership Development, penerima beasiswa dibekali untuk menjadi pemimpin yang visioner, mampu memotivasi, komunikatif dan memiliki daya pengaruh ke arah perubahan positif.

Pada Competition Challenge, penerima beasiswa memiliki peluang untuk mengaktualisasikan kapasitas dirinya dan berkompetisi secara sehat melalui 3 jenis kompetisi, yaitu kompetisi debat, kompetisi menulis dan kompetisi blog.

Pada ketiga kompetisi tersebut, mereka dilatih untuk menuangkan gagasan, mempertahankan pendapat, mengolah kepekaan atas fenomena di sekitarnya, dengan integritas. Artinya, apa yang disampaikan baik secara tertulis maupun verbal, berdasarkan fakta dan data.

Pada Community Empowerment, penerima beasiswa diterjunkan ke masyarakat. Mereka diajak melihat fenomena sosial secara langsung, menggali potensi-potensi dan persoalan yang ada di masyarakat tersebut. Selanjutnya mereka berpeluang untuk memberi solusi dan masukan bagi perkembangan masyarakat tersebut. Disinilah mereka belajar memahami bagaimana merancang langkah perubahan yang kontekstual terhadap realitas di suatu masyarakat.

Pada International Exposure, penerima beasiswa diberi peluang untuk mengikuti ajang kompetisi di tingkat Internasional.

Lama Program Beasiswa

Lama Program Beasiswa ini yaitu 1 (satu) tahun atau 2 (dua) semester. Pada periode tahun 2014-2015 berawal 1 September 2014 hingga 31 Agustus 2015.

Persyaratan Mengikuti Seleksi

Persyaratan terbagi menjadi dua, yaitu umum dan administrasi.
Umum :

1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1)/Diploma 4 pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
2. Pada semester III, meraih IPK minimum 3.00
3. IPK 3.00 dapat dipertahankan hingga akhir semester IV.
4. Aktif berorganisasi, baik di dalam maupun luar kampus.
5. Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Administrasi :

1. Mengisi Form Pendaftaran secara online.
2. Fotokopi Kartu Hasil Studi (KHS) semester III.
3. Fotokopi sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi.
4. Surat keterangan dari kampus bahwa sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.
5. Satu lembar foto ukuran 4×6 cm berwarna dan memakai jas almamater.

Proses Seleksi

  • Proses Seleksi terdiri dari empat tahap, yaitu: pendaftaran, tes seleksi, verifikasi dan pengumuman.
  • Informasi Djarum Beasiswa Plus diumumkan pada awal April setiap tahun di berbagai Perguruan Tinggi yang bekerjasama.
  • Persyaratan administrasi yang telah terisi lengkap dapat dikirimkan ke panitia penerimaan.
  • Panitia menyeleksi berkas-berkas pelamar.
  • Tes seleksi yang terdiri dari: Psikotes, Tes Potensi Akademik (TPA) dan Wawancara, biasanya dilaksanakan dari Bulan Juni hingga Agustus. Tes Seleksi ini dapat dilakukan di kantor panitia penerimaan maupun Perguruan Tinggi.
  • Pengumuman dilakukan secara online maupun tertulis melalui Perguruan Tinggi. Pengumuman online pada website resmi Djarum Beasiswa Plus, yaitu : djarumbeasiswaplus.org