10 Cara Mudah Belajar Matematika Untuk Anak Anda

Belajar matematika memang kerap kali dipandang sebagai sebuah hal yang sulit dan juga membosankan untuk dilakukan.

Namun taukah Anda bahwa ternyata matematika sangatlah penting untuk dipelajari dan juga untuk dimengerti, sehingga sangatlah penting untuk memperkenalkan matematika kepada anak sedari dini.

Berikut ini merupakan 10 cara mudah belajar matematika yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Mengubah Mind-Set Mengenai Matematika

Hal paling awal yang harus Anda lakukan ialah mengubah mind-set atau yang biasa disebut dengan sebagai cara berpikir Anda mengenai matematika.

Apabila selama ini Anda merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, maka itulah yang harus Anda ubah.

Mulai sekarang, Anda harus mulai mengerti bahwa sebenarnya matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan untuk dipelajari.

Menggunakan Permainan

Setelah Anda mengetahui bahwa matematika sebenarnya cukup mudah untuk dipahami, maka Anda pun harus mencari cara yang berbeda untuk memahami bagaimana cara belajar matematika dengan muda.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan beberapa jenis permainan apabila ingin mempelajari sebuah materi matematika. Misalkan, untuk belajar mengenai penjumlahan, Anda dapat mengajak siswa untuk bermain kartu untuk belajar penjumlahan.

Belajar Menggunakan Sistem Cerita

Selain dengan menggunakan permainan, Anda juga dapat membuat sebuah cerita agar siswa mengerti mengenai materi yang akan mempelajari matematika Bagi para siswa, mempelajari matematika dengan menggunakan sebuah cerita tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan cara hafalan konvensional.

Menggunakan Kartu Rumus

Dalam matematika, Anda akan menemukan banyak rumus yang harus Anda hafalkan. Hal itu tentu dianggap menjadi sebuah tantangan yang cukup sulit untuk ditaklukan bagi beberapa orang. Sebagai solusinya, Anda disarankan untuk membuat kartu-kartu yang berisi rumus-rumus tersebut agar bisa Anda bawa kemana-mana dan menjadikan Anda semakin mudah untuk menghafalkan rumus-rumus tersebut.

Membuat Sebuah Drama Singkat

Apabila Anda termasuk orang yang akan menjelaskan salah satu materi matematika, maka dengan menggunakan sebuah drama singkat, Anda akan mempermudah pemahaman murid Anda. Bagaimanapun juga, sebuah cerita akan lebih mudah dipahami oleh murid Anda dibandingkan dengan menjelaskan di papan tulis secara langsung.

Rutin Berlatih

Berlatih mengerjakan soal juga menjadi salah satu cara yang dianggap ampuh untuk mempelajari matematika dengan mudah. Bagaimanapun juga, berlatih merupakan cara termudah yang dapat Anda lakukan. Mengingat dengan berlatih, otomatis Anda akan hafal semua cara dan rumus yang akan Anda gunakan untuk melakukan penyelesaian sebuah soal.

Belajar Menggunakan Poster Pendidikan

Poster yang biasanya hanya dipandang sebagai sarana untuk memajang foto maupun gambar tokoh idola Anda, kini dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk belajar matematika. Betapa tidak, poster ini pun dapat Anda gunakan untuk memajang beberapa materi matematika yang akan dengan mudah Anda temukan dan Anda lihat kembali kapan pun Anda membutuhkannya.

Membuat Beberapa Ilustrasi

Salah satu kendala dalam memahami matematika ialah karena rumus-rumusnya yang dirasa sangat abstrak. Sebagai solusinya, Anda disarankan untuk membuat beberapa ilustrasi baik dalam bentuk kata-kata maupun dalam bentuk gambar sebagai cara bagi Anda untuk mengerti materi tersebut.

Dengan bantuan ilustrasi, maka matematika akan menjadi lebih mudah untuk dimengerti karena Anda akan menjadi jauh lebih mengerti apa yang sebenarnya dimaksud oleh beberapa rumus tersebut.

Berlatih Secara Bertahap

Hal yang sering kali dilupakan ialah berlatih matematika secara bertahap. Inilah yang kera kali membuat matematika menjadi salah satu pelajaran yang dianggap paling sulit. Hal tersebut disebabkan oleh cara belajar yang salah dan langsung menghafalkan banyak rumus dalam satu malam.

Hal tersebut ternyata sangat tidak disarankan karena akan sangat memberatkan pikiran Anda untuk mengerti banyak materi matematika dalam satu malam. Karena hal tersebut,

Anda sangat disarankan untuk mempelajari matematika secara bertahap dan tidak membebankan banyak materi pada satu waktu dan hanya akan membuat Anda merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit untuk ditaklukan. Namun apabila Anda mempelajarinya secara bertahap, maka dijamin Anda akan lebih mengerti materi-materi tersebut.

Menggunakan Jarimatika

Kini ternyata masih ada sebuah metode yang layak untuk dicoba untuk mempelajari matematika, khususnya materi matematika dasar. Cara ini ialah jarimatika yang memungkinkan Anda untuk mempelajari materi mulai dari penjumlahan, bahkan hingga perkalian dan pembagian hanya dengan menggunakan jari Anda.

Jarimatika kini telah menjadi cukup populer dan sangat mudah untuk Anda pelajari. Untuk mempelajarinya, Anda hanya perlu melihat bahwa jari angan kanan Anda bernilai puluhan sedangkan jari tangan kiri Anda bernilai satuan.

Setelah itu, Anda dapat melakukan penjumlahan maupun perkalian dengan mudah menggunakan tangan Anda sebagai sarana untuk melakukan penghitungan dengan cepat tanpa harus menggunakan kalkulator ataupun beberapa alat bantu hitung lainnya.