10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan, karena mata merupakan salah satu bagian dari panca indra yang membantu kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Melalui mata kita dapat melihat setiap hal yang berada di sekitar kita, oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut ini terdapat beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda, inilah uraian penjelasannya .

Makanan yang baik untuk mata

Cara mudah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat menjaga mata Anda.

Pintar-pintarlah untuk memilih makanan yang baik bagi kesehatan mata, seperti diantaranya :

a. Jenis sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan, antosianin, dan juga vitamin A, C, juga vitamin E. Seperti wortel, ubi, labu, paprika, serta berbagai jenis buah berry seperti blueberry, gojiberry ataupun buah anggur.

b. Pilihlah jenis bumbu-bumbu dapur yang juga kaya dengan kandungan sulfur di dalamnya, seperti bawang merah, putih, dan juga bawang bombay.

c. Konsumsi pula makanan yang mengandung protein, DHA atau pun Asam lemak, seprti yang terdapat pada berbagai jenis ikan, ada ikan salmon, mackerel, sarden, dan lain sebagainya.

Senam Mata

Senam mata adalah solusi kedua yang baik dilakukan dalam cara mudah menjaga kesehatan mata.

Senam pada dasarnya merupakan bagian dari olahraga, tetapi untuk menjaga kesehatan terutama pada bagian mata maka biasakanlah untuk melatih beberapa gerakan pada senam mata.

Berikut penjelasan mengenai tata cara senam mata tersebut :

a. Menjaga suhu mata, cara ini dapat dilakukan dengan menghangatkan bagian telapak tangan Anda terlebih dahulu, kemudian tangkupkan telapak tangan tersebut di atas mata yang tertutup diamkan selama kurang lebih 5 detik, kemudian ulangi hal tersebut sebanyak 3 kali.

b. Gerakan mata, cara yang kedua untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memutar-mutar bagian bola mata Anda. Pertama lihatlah ke arah atas, kemudian putar bola mata Anda secara perlahan dengan mengikuti arah jarum jam sebanyak 5 kali, dan arah yang berlawanan sebanyak 5 kali pula.

c. Fokus mata, cara ini bertujuan untuk melatih fokus yang dimiliki mata Anda, caranya yaitu dengan melihat secara fokus benda yang berada di dekat Anda, kemudian alihkan perhatian pada benda yang jauh dari anda, dengan cara yang fokus juga.

d. Pijatan, gunakanlah kedua ibu jari anda untuk memijat bagian pelipis mata dengan gerakan memutar, dan juga arah sebaliknya. Selain itu, lakukan pula pemijatan di area tengah antara kedua alis, pada bagian bawah mata anda, dan juga tepat di bagian batang hidung.

Istirahat bagi mata

Seperti halnya tubuh kita yang membutuhkan waktu untuk beristirahat, mata juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Terutama setelah berada di depan layar komputer, maka biasakanlah untuk mengistirahatkan mata kurang lebih selama 10 menit. Hal ini merupakan cara mudah dalam menjaga kesehatan mata Anda agar kembali menjadi lebih segar.

Jarak pandang mata

Ketika melakukan aktifitas yang cukup melelahkan mata, seperti menonton televisi, dan juga bekerja di depan layar komputer, Biasakanlah untuk menjaga jarak pandang antara mata anda dengan fokus objek yang Anda lihat tersebut. jarak pandang yang baik untuk menjaga kesehatan mata tersebut itu sekitar 50-100 cm.

Kebiasaan tiduran

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan tidak melakukan aktifitas membaca sambil tertidur. Karena kebiasaan membaca sambil tiduran ini dapat membuat kesehatan pada mata menjadi terganggu seperti terjadinya miopi atau rabun dekat.

Kebiasaan mengucek mata

Kebiasaan selanjutnya yang juga tidak baik untuk menjaga kesehatan mata adalah kebiasaan mengucek mata. Karena dengan mengucek mata, kuman yang berada pada bagian tangan dapat ikut berpindah pada bagian mata.

Penggunaan tetes mata

Penggunaan tetes mata memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata, tetapi gunakanlah tetes mata tersebut sesuai dengan kebutuhan mata. Dengan kata lain, jangan pergunakan tetes mata secara berlebihan.

Penggunaan kontak lensa.

Kontak lensa memang seringkali dipergunakan sebagai alat bantu yang praktis pengganti dari penggunaan kaca mata. Tetapi penggunaan lensa dalam waktu yang cukup lama, juga dapat mengakibatkan kerusakan pada mata, seperti halnya iritasi. Oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan mata, pergunakan lah lensa dengan waktu sewajarnya.

Penggunaan kacamata

Kacamata memang dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata Anda. Tetapi biasakanlah untuk menggunakan kacamata dengan waktu yang tepat atau sewajarnya. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi tingkat ketergantungan Anda terhadap penggunaan kacamata.

Periksakan mata

Hal penting utama yang harus Anda lakukan dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan memperiksakannya pada Dokter. Usahakanlah untuk melakukannya secara rutin dan berkala, misalnya selam 6 buloan sekali. Hal ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata dengan lebih efektif dan juga teratur.

Itulah beberapa tips dan juga cara mudah dalam menjaga kesehatan mata, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatannya.