5 Manfaat Buah Salak

Salak merupakan buah yang unik. Buah dengan nama latin Sallaca ini dikatakan unik karena memiliki kulit seperti sisik ular.

Bahkan dalam bahasa inggris mereka menyebut salak ini dengan nama snake fruit. Walaupun memiliki nama yang sedikit seram, salak tetap memiliki peminat karena rasa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya relative banyak.

Salak tumbuh dan berbuah dengan tidak mengenal musim. Inilah salah satu penyebab kenapa salak memiliki harga yang relative murah. Indonesia sendiri memiliki beragam jenis salak dengan nama dan ciri khas sendiri. Namun salak yang paling terkenal dari Indonesia adalah jenis salak pondok dari DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Salak tersebar di berbagai Negara seperi Thailand, Vietnam, Indonesia dan sebagian wilayah asia tenggara lainnya. Belum begitu jelas dari mana asal mula penyebaran salak.

Untuk seukuran buah yang murah dan mudah untuk dibudidayakan salak termasuk buah yang sangat istimewa karena memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa bagi orang yang mengkonsumsinya. Kandungan yang terdapat pada salak diantaranya saponin,tannin, kalium, serat, kalsium dan vitamin tentunya.

Berikut manfaat buah salah bagi tubuh.

Menjaga kesehatan mata.

Menurut penelitian buah salak memiliki beta karoten yang tinggi yakni 5.5. hal ini melebihi kandungan beta karoten pada mangga. Bete karoten berfungsi untuk membuat mata tetap sehat khususnya pada kornea.

Tidak berbeda dengan wortel manfaat salak sangat membantu untuk anda yang memiliki masalah dengan mata atau hanya ingin menjaga kesehatan mata saja. dengan demikian salak bisa menjadi pengganti wortel ketika anda sudah bosan mengkonsumsi wortel.

Menjaga sistem pencernaan dari sembelit

Banyak mitos beredar dari orang-orang dulu kalau sering mengkonsumsi salaka akan menyebabkan kesulitan dalam buang air besar. padahal pada nyatanya tidak demikian.

Menurut pakar ahli gizi masyarakat mengatakan, kalau salak memiliki kandungan serat yang tinggi khususnya pada lapisan kulit arinya. Maka jika anda mengkonsumsi buah salak dianjurkan untuk tidak membuang kulit arinya. Serat berguna untuk melancarkan proses pencernaan anda.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Mungkin anda tidak akan menyangka kalau salak juga memiliki khasiat yang bagus untuk kinerja otak. Walaupun harganya yang murah dan bentuk yang aneh tapi kandungan nutrisi salak tidak bisa dianggap enteng.

Salak mengandung zat potassium dan pectin. Dimana zat potassium digunakan oleh saraf otonom sebagai pengendali fungsi jantung, fungsi otak dan masih banyak lagi. Selain itu pectin berhasiat untuk mengobati dan mengurangi resiko terkena kanker prostat.

Meningkatkan immunitas tubuh

Manfaat salak tidak hanya berhenti disitu saja, masih banyak lagi manfaat yang bagus untuk tubuh yang bisa diberikan oleh salak. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat orang yang rutin mengkonsumsinya akan memiliki immunitas yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang tidak atau kurang mengkonsumsinya. Selain itu salak berguna sebagai antioksidan alami.

Membantu menurunkan berat badan

Walaupun salak tidak memiliki kandungan serat dan karbohidrat sebanyak apel. Namun salak cocok sekali dijadikan sebagai pengganti apel yang berguna untuk membantu anda untuk menjaga berat badan atau menurunkan berat badan. karena serat dan karbohidrat dalam salak mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Sehingga anda tidak akan mudah lapar jika mengkonsumsi salak. Mengkonsumsi salak secara rutin tentu akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh anda. maka maukah anda mempertimbangkan salak untuk dijadikan menu buah harian anda?