Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak merupakan buah dengan banyak kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

Namun sayang buah sirsak tidak sebanyak buah pisang atau mangga jumlahnya di pasar. Akan tetapi pada musimnya anda bisa menemukan buah sirsak ini walaupun tidak banyak.

Terdapat banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada buah sirsak ini. mulai dari vitamin C, zat besi, tembaga, kalium, posfor dan masih banyak lagi. Namun komoditas yang banyak terdapat pada sirsak adalah karbohidrat yang berbentuk glukosa dan fruktosa.

Sirsak atau denan nama latin Anona muricata Linn ini sanga terkenal akan khasiatnya yang banyak.

Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia. Bahkan kanker merupakan momok menakutkan karena kesembuhan dari penyakit ini cenderung lama dan sulit.

Ada begitu banyak jenis kanker dan obat yang menyembuhkan secara pasti pun belum ditemukan karena biasanya orang yang terkena kanker harus menjalani kemoterapi yakni terapi penghambatan pembelahan sel-sel kanker. Annonaceous acetogenins merupakan senyawa penting yang dimiliki sirsak yang berfungsi sebagai pembunuh sel-sel kanker ganas.

Menurut penelitian lebih dari 12 jenis kanker dapat diatasi dengan rutin memakan daun, biji, buah, dan batang karena Annonaceous acetogenins tersebar pada bagian ini. kanker tersebut diantaranya adalah kanker payudara, usus besar, prostat dan lainnya.

Melancarkan buang air kecil.

Buang air kecil merupakan kebiasaan yang rutin dilakukan. Namun terkadang ketika terjadi gangguan untuk sulit buang air kecil akan terasa sakit sekali dan benar-benar sulit. Dengan rutin memakan buah sirsak ini anda akan terbebas dari momen tersebut. Selain itu buah sirsak mampu mencegah penyakit haematuria yakni bercampurnya air seni dengan sel darah putih.

Meningkatkan energy

Melakukan aktivitas berlebih dan membuang banyak energy sudah pasti terjadi. Namun ketika aktivitas itu memaksa kita untuk terus dikerjakan mau tidak mau kita harus siap dan terus menyuplai energy untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Cukup dengan mengkonsumsi buah sirsak maka akan membuat energy anda kembali dan terasa lebih fresh. Hal ini terjadi karena buah sirsak mengandung thiamin yang berguna sebagai penyuplai energy.

Mencegah anemia.

Zat besi yang terdapat pada buah sirsak mampu mencegah anemia. Sehingga anda tidak akan terasa pusing maupun berkunang-kunang saat kekurangan darah. Hal ini pun sangat cocok dikonsumsi untun wanita yang sedang mentruasi.

Karena ketika mentruasi cenderung membuang banyak zat besi sehingga membuat wanita akan merasa lemas dan lelah. Maka dengan mengkonsumsu buah sirsak, darah akan tersiklus kembali dan mengurangi rasa lemas tersebut.

Menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya nikmat dan lezat, buah ini bermanfaat untuk menguatkan tulang karena dalam buah sirsak terdapat fospor dan kalsium. Selain dari itu terdapat mineral tembaga yang akan membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Dengan demikian sirsak sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari tulang anda, dengan rutin mengkonsumsi tulang anda maka berbagai macam gejala penuaan terhadap tulang anda akan berkurang dan seolah merasa seperti masih muda.

Tidak hanya ini saja, terdapat banyak manfaat buah sirsak yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya, diantaranya: meredakan migraine, mengurangi mual dan muntah, memperlambat proses penuaan atau penuaan dini, menajaga agar kulit tetap sehat, mengobati asam urat, hipertensi, menajga agar kolesterol tetap stabil dan masih banyak lagi.