5 Tips Mudah Bagi Yang Mau Memulai Usaha Kecil-Kecilan

Menjalankan usaha kecil-kecilan biasanya dilakukan oleh karyawan di waktu senggangnya. Bisa juga dilakukan olah mahasiswa, ibu rumah tangga dan beragam profesi lainnya.

Dengan modal kecil, Anda bisa menekuninya dari nol. Bila dikerjakan dengan serius, maka besar kemungkinan usaha itu bisa berkembang menjadi bisnis besar. Sehingga usaha yang dilakukan tidak lagi dikatakan kecil.

Bagi Anda pemula di bidang bisnis yang ingin serius menjalankan usaha kecil, berikut ini tips mudah yang bisa diterapkan.

1. Bisnis berasal dari masalah

Sebagus apapun produk atau layanan jasa tertentu kalau tidak dibutuhkan target pasar Anda, maka produk atau jasa itu sulit terjual. Jadi sebelum melakukan usaha, lakukan survei kecil mengenai permasalahan dari target pasar Anda.

Semisal sebagian besar orang yang bermukim di dekat Anda adalah pekerja, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci baju. Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan bila ditekuni dengan baik. Mereka memiliki masalah mengenai tidak adanya waktu untuk mencuci pakaiannya. Padahal pakaian tersebut harus mereka gunakan dalam kesempatan tertentu.

Anda bisa menawarkan kepada mereka layanan jasa binatu atau laundry. Dengan begitu permasalahan mereka yang selama ini dialaminya bisa diatasi oleh Anda. Mereka merasa terbantu karena permasalahannya teratasi, Anda pun mendapatkan keuntungan dari layanan yang diberikan.

Tingkat kepercayaan mereka sangat tinggi untuk menggunakan jasa Anda, karena telah mengenal pribadi Anda. Kalau saat ini mereka telah menggunakan jasa orang lain bisa saja berpindah kepada Anda. Semakin memuaskan layanan yang diberikan, maka mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

2. Bisnis dari hobi

Menjalankan bisnis memang tidak mudah, apalagi kalau dijalankan hanya ikut-ikutan semata tanpa mengetahui seluk beluknya. Banyak orang sukses berbisnis diawali dari kegemarannya.

Misalkan Anda gemar memasak, maka bisa menawarkan kelezatan makanan Anda dalam bentuk usaha katering.

Mungkin selama ini Anda pesimis mengenai celah pasar yang sudah tertutup. Kejelian Anda akan membuktikan, kalau peluang bisnis masih terbuka lebar. Adanya saingan bisnis, justru menjadi acuan untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen.

3. Mulai usaha dengan modal kecil

Memulai usaha membutuhkan modal, besarannya tergantung bisnis yang dijalankan. Mengembangkan bisnis dengan modal kecil sangat mungkin, sehingga Anda bisa segera memulainya.

Jika tekad Anda sudah bulat untuk berbisnis, tak perlu menunda-nundanya. Segera awali usaha, sambil mengamati apa saja kekurangan dari produk atau layanan jasa Anda.

Sebelum memilih usaha tertentu, cobalah untuk melakukan survei kecil agar mengetahui persaingan pasar, kebutuhan pasar dan sebagainya.

4. Segera dapatkan penjualan pertama

Sangat penting untuk secepat mungkin mendapatkan konsumen pertama bisnis Anda. Karena meskipun orderan jumlahnya kecil, tapi sangat berguna untuk meningkatkan semangat dalam berbisnis.

Dari pembelian pertama ini, maka Anda bisa mendapatkan testimoni dari konsumen itu. Kalau ada kekurangan Anda bisa cepat mengetahuinya dan cepat memperbaikinya.

5. Rencanakan yang akan dilakukan dan lakukan yang telah direncanakan

Perencanaan bisnis sangat penting, sehingga bisa menghitung dengan pasti berapa modal yang dihabiskan, berapa keuntungannya dan berapa lama modal bisa kembali. Dengan perencanaan yang tepat dan teliti ini, akan menjadikan bisnis Anda lebih terarah.

Terapkan semua strategi atau tindakan yang harus dilakukan untuk mendukung bisnis. Sehingga bisa mengoreksi atau mengukur efektifitas bisnis tersebut.

Dengan perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik, maka hasilnya akan lebih baik. Ketimbang Anda tidak memiliki perencanaan yang baik.