Wisata 1 Hari di Jogja, Mau Kemana Saja?

Jika punya waktu satu hari untuk berwisata seutuhnya di Jogja, maka akan sangat menguntungkan bagi Anda. Wilayah Jogja yang tidak begitu luas memungkinkan Anda dalam satu hari bisa mengunjungi banyak tempat wisata yang menarik. Namun demikian, Anda tetap harus memperhitungkan jarak dan tujuan masing-masing tempat wisata agar bisa lebih efisien menghemat waktu.

Beberapa lokasi wisata seperti Candi Borobudur dan Pantai Parang tritis yang keduanya sangat terkenal ini berada lebih jauh dari pusat kota, sehingga untuk pergi kesana Anda akan menghabiskan waktu seharian saja. Jadi keesokan harinya baru bisa Anda lanjutkan menjelajah keindahan tempat wisata lainnya.

Berikut ini beberapa pilihan tempat wisata di Jogja yang paling terkenal untuk dikunjungi:

Candi Borobudur

Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur, maka sebaiknya Anda melakukannya pagi-pagi sekali sehingga nanti ada sisa waktu yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi tempat wisata yang lain. Di pagi hari suasana candi masih sangat indah. Suhu dingin dari Gunung Merapi dan panoramanya akan bisa Anda saksikan langsung saat berdiri di puncak candi. Pada pagi hari pun para pengunjung candi ini sudah ramai, terutama para turis asing yang di pagi hari pun sudah banyak yang berfoto-foto di Candi Borobudur. Selain menikmati candi, di tempat ini juga bisa membeli oleh-oleh aneka batik.

Pantai Parang Tritis

Jika Anda mengunjungi Borobudur di pagi hari, maka siangnya Anda masih sempat menuju ke Pantai Parang tritis yang sangat terkenal. Di sini Anda bisa sekalian makan siang.

Pantai ini sangat indah dan ramai dikunjungi orang. Di tepi pantai banyak orang berjualan makanan dan air kelapa muda yang segar. Cuaca panas akan hilang saat Anda meneguk es kelapa muda dari buah kelapanya langsung sambil menyaksikan deburan ombak yang menghempas di pantai.

Pantai ini akan sangat ramai pada musim liburan. Pengunjungnya banyak dari wisatawan luar Jogja.

Malioboro dan Pasar Beringin Harjo

Dua tempat wisata ini berdekatan sehingga bisa Anda kunjungi sekaligus. Setelah puas membeli pernak-pernik souvenir di sepanjang kawasan Malioboro, Anda bisa melanjutkan berbelanja aneka oleh-oleh di Pasar Beringin Harjo. Dengan menaiki becak yang tak lama, Anda sudah bisa sampai di pasar Beringin Harjo.

Di sini menjadi pusat grosiran aneka pernak pernik bermotif batik, mulai dari pakaian batik, tas batik, sepatu batik, sandal batik dan sebagainya. Jika ingin melihat kreasi aneka batik datang lah ke tempat wisata ini. Jika Anda letih dan lapar berbelanja di sepanjang kawasan Malioboro atau pasar beringin harjo tersebut, di kedua tempat ini juga Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Jogja yang sulit Anda temukan rasanya bisa sama dengan daerah lain.

Meskipun hanya semangkuk bakso, di tempat ini rasanya akan sangat lezat. Makanan lain seperti gudek jogja juga bisa Anda nikmati di tempat ini. Bagi para pecinta wisata belanja, mengunjungi tempat ini bisa menghabiskan waktu seharian.

Candi Prambanan

Kawasan Candi Prambanan juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jogja. Tiket masuk ke candi ini puluhan ribu harganya. Beberapa turis kadang memilih berbelanja di kawasan luar kompleks bangunan Candi. Candi agama Hindu ini menjadi salah satu tujuan wisata di Jogja yang berada di pusat kota. Candi lainnya yang juga bisa Anda kunjungi di kawasan kota adalah Candi mendut.

Wisata Pantai Depok

Wisata Pantai Depok memang tak setenar Pantai Parang tritis. Namun hal unik yang bisa Anda nikmati di tempat ini adalah Anda bisa menikmati makanan seafood segar yang bisa langsung Anda beli dan dimasakkan oleh para pedagang yang ada di sepanjang tepian Pantai Depok.

Mengunjungi Pantai Depok di pagi hari akan sangat indah sekali. Suasana yang teduh dan tenang, deburan ombak yang bergemuruh dan para nelayan yang nampak bersiar adalah pemandangan indah yang menyejukkan di pagi hari. Para pecinta kuliner seafood bisa mengunjungi tempat ini untuk merasaka olahan seafood khas Jogja.

Masih banyak lagi tempat wisata menarik di Jogja yang bisa Anda kunjungi di pusat kota. Jadi waktu sehari di Jogja bisa membuat Anda benar-benar puas berjalan-jalan. Anda bisa mengunjungi pusat kuliner Bakpia yang sangat terkenal di Jogja untuk dijadikan oleh-oleh.

Mulai dari yang kering sampai yang basah bisa Anda temukan langsung di pusat industry rumah tangga Bakpia di Jogja. Belanja pusat kerajinan khas Jogja dan sebagainya. Anda juga bisa menikmati wisata puncak gunung Merapi.

Selamat berwisata sehari selama di Jogja.