10 Wisata Wajib di Palembang dan Sumatera Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Menyebut nama Sumatera Selatan yang beribu kota Palembang, pastinya yang terpikir langsung di benak Anda adalah makanan khas Palembang yakni empek-empek. Ya, Palembang memiliki makanan khas yang umumnya terbuat dari olahan ikan yang sangat lezat.

Kelezatan wisata kuliner di Sumatera Selatan juga didukung oleh tempat-tempat menarik lainnya di tempat ini yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata yang menarik. Sumatera Selatan memiliki banyak kekhasan yang menjadi daya tarik para pengunjung dari luar propinsi tersebut.

Jika suatu waktu berkesempatan mengunjungi Palembang, berikut ini kami berikan daftar 10 wisata wajib di Sumatera Selatan yang bisa Anda jadikan sebagai tempat liburan:

Jembatan Ampera

Salah satu icon Kota Palembang yang paling terkenal adalah Jembatan Ampera. Jembatang ini dibangun pada tahun 1962 sebagai ide dari Presiden Soekarno. Jembatan yang sangat panjang ini terbentang di atas Sungai Musi. Tak jauh dari jemabatan ini terdapat pasar yang menjadi pusat penjualan souvenir dan aneka makanan khas Palembang. Lelah berwisata melihat jembatan yang unik, Anda bisa langsung mengisi perut sambil berbelanja.

Sungai Musi

Sungai Musi dikenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini memiliki panjang 750 Km. Sungai musi membelah kawasan Kota Palembang menjadi dua bagian. Wisata Sungai Musi menawarkan banyak hal unik dan menarik diantaranya adalah restoran terapung, Benteng Kuto Besak dan Kampung Arab. Sungai Musi adalah lokasi yang paling cocok untuk berwisata kuliner di Kota Palembang.

Hutan Wisata Punti Kayu

Objek wisata ini adalah objek wisata hutan satu-satunya di kawasan Palembang. Wisata hutan ini menawarkan banyak wahana atraksi, ada pula kebun binatang, penangkapan buaya, bermain perahu, bermain di taman dan sebagainya. Di tempat ini menjadi lokasi yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Tempatnya sangat nyaman dan jauh dari kebisingan kota.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro banyak dikunjungi para wisatawan karena di tempat ini terdapat wihara sebagai tempat peribadatan agama Budha. Di pulau ini juga terdapat sebuah makam dari seorang putrid kerajaan di Palembang yang tewas setelah terjun ke Sungai Musi.

Benteng Kuto Besak

Sebuah objek wisata sejarah yang cukup terkenal di Sumatera Selatan adalah Benteng Kuto Besak. Dari kawasan benteng ini kita bisa menyaksikan kapal-kapal yang berlayar di Sungai Musi. Lokasi wisata ini banyak dikunjungi orang terutama di sore hari untuk bersantai dan menikmati keindahan Kota Palembang.

Masjid Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid ini merupakan bangunan masjid terbesar di Kota Palembang. Arsiteknya memadukan gaya Indonesia, Cina dan Eropa. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata budaya dan religi. Tak jauh dari masjid ini terdapat dua buah pasar yang menjual aneka souvenir dan oleh-oleh barang khas Palembang.

Gelora Sriwijaya

Bangunan stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini juga pernah digunakan saat pesta olahraga Sea games. Tim keseblasan Sepak Bola Sumatera Selatan juga menjadi salah satu icon yang menarik bagi para pengunjung dari luar daerah.

Air Terjun Lematang Indah

Untuk wisata alam di Sumatera Selatan, salah satunya yang paling terkenal adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun kawasan di sekitar air terjun ini sangat indah. Banyak bebatuan yang dialiri air sungai yang jernih dan dingin. Jika Anda berkunjung di musim hujan, sebaiknya lebih hati-hati saat menyusuri tangga karena akan sangat licin.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho memiliki kekhasan sendiri dari segi arsitektur bangunan. Masjid ini dibangun dengan menampilkan gaya dan budaya Cina seutuhnya. Masjid ini khusus dijadikan sebagai tempat wisata. Bukan hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat unik ini, wisatawan asing dari Malaysia, Taiwan, Singapura dan sebagainya pun ramai yang berkunjung ke tempat wisata ini. Masjid ini agaknya menjadi symbol yang menggambarkan banyaknya masyarakat Cina di Sumatera Selatan.

Taman Kambang Iwak

Taman ini memiliki air mancur, beberapa rumah bamboo dan jembatan merah yang membentang di atas kolam yang dilengkapi dengan pancuran. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berteduh dari suasana kebisingina kota.

Yuk jalan-jalan ke Sumatera Selatan dan nikmati sensasi kelezatan kuliner Palembang dan keindahan khasnya…